Friday, October 7, 2022

Resume Pertemuan ke-21 BM PGRI Gelombang 27

 Strategi Pemasaran Buku

Resume ke-21

Gelombang 27

Tanggal : 7 Oktober 2022

Tema : Strategi Pemasaran Buku

Narasumber : Agus Subardana, S. E, M. M

Moderator : Mutmainah

Malam ini kelas Belajar Menulis memasuki pertemuan ke-21, itu artinya kelas sudah tiba di sepertiga akhir progam pelatihan. Bagaimana dengan naskah buku solo teman-teman sekalian? Apakah sudah siap? Jika sudah berbahagialah, karena langkah pasti menjadi penulis sudah di depan mata. Anda tinggal menghubungi penerbit pilihan untuk menerbitkan buku karya Anda. Nah, setelah terbit, bagaimana kiat agar buku kita laku di pasaran. Materi malam ini akan mengupas tuntas hal tersebut dengan judul “Strategi Pemasaran Buku”.

Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Subardana, S. E, M. M. Beliau adalah seorang  Direktur  Marketing penerbit Andi Offset. Menggeluti bidang pemasaran  sejak awal tahun 1999 sampai saat ini. Sudah 23 tahun berkiprah di dunia kepenerbitan, tentu ini bukan waktu yang singkat. Ditopang dengan riwayat pendidikan beliau yang merupakan lulusan S1 dan S2   manajemen pemasaran. Sebagai bukti keprofesionalan, beliau sering  menjadi moderator di berbagai event webinar.

Nah, berikut resume materi dari narasumber.

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang diterbitkan. Jenis – jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku dengan cukup banyak katagori produk, yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis katagori buku tersebut di sinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan koordinasi dengan beberapa kegiatan bisnis.  Sehingga strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi oleh 2 faktor yang meliputi :

1.      Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.      Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Strategi Pemasaran buku dapat dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu strategi pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut :

A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (Online)

a.     Pemasaran buku lewat Online

Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini, yaitu   sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.

Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

1.    Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2.    Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3.    Search Engine Marketing (SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4.    Social media marketing memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.

5.    Email Marketing,  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6.    Instant messaging marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7.    Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8.    Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9.    TV. ANDI AKADEMI . Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube TV. ANDI , Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan streaming.

10.  Berkerjasama dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta mitra / reseller.

Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi , supaya kita dapat :

·      Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

·      Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.

·      Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

·      Menaikkan penjualan dan profit

·      Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

·      Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

·      Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen

b. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas (membuat Grup w.a dll) dan relasi , maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektive dan efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

B.   Strategi pemasaran buku serangan Darat (Offline ).

Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

1.    Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.

·      Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan , antara lain :

·      Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

·      Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

·      Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

·      Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM , dll )

·      Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

2.        Strategi Pemasaran melalui Direct Selling

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

o  Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).

o  Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

o  Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

·      Kunjungan langsung ke tiap sekolah

·      Kunjungan langsung ke setiap kampus

·      Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

·      Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

Tenaga penjual / Sales tersebut akan berjuang untuk bisa menguasai areanya dan pelakukan penetrasi pasar untuk bisa transaksi sesuai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.

3.        Strategi pemasaran buku dengan Melakukan Event – Event

Aktive dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, webinar , workshop, tryout, dan sebagainya.

Demikian resume kelas pertemuan ke-21. Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.

 

No comments:

Post a Comment

Resume Pertemuan ke-24 BM PGRI Gelombang 27

  Menulis di Kala Sakit Resume ke-23 Gelombang 27 Tanggal : 14 Oktober 2022 Tema : Menulis di Kala Sakit Narasumber : Suharto, M. ...