Strategi Pemasaran Buku
Resume ke-21
Gelombang 27
Tanggal : 7 Oktober 2022
Tema : Strategi Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, S. E, M. M
Moderator : Mutmainah
Malam ini
kelas Belajar Menulis memasuki pertemuan ke-21, itu artinya kelas sudah tiba di
sepertiga akhir progam pelatihan. Bagaimana dengan naskah buku solo teman-teman
sekalian? Apakah sudah siap? Jika sudah berbahagialah, karena langkah pasti
menjadi penulis sudah di depan mata. Anda tinggal menghubungi penerbit pilihan
untuk menerbitkan buku karya Anda. Nah, setelah terbit, bagaimana kiat agar
buku kita laku di pasaran. Materi malam ini akan mengupas tuntas hal tersebut
dengan judul “Strategi Pemasaran Buku”.
Narasumber
malam ini adalah Bapak Agus Subardana, S. E, M. M. Beliau adalah
seorang Direktur Marketing penerbit Andi Offset. Menggeluti
bidang pemasaran sejak awal tahun 1999
sampai saat ini. Sudah 23 tahun berkiprah di dunia kepenerbitan, tentu ini
bukan waktu yang singkat. Ditopang dengan riwayat pendidikan beliau yang
merupakan lulusan S1 dan S2 manajemen
pemasaran. Sebagai bukti keprofesionalan, beliau sering menjadi moderator di berbagai event webinar.
Nah,
berikut resume materi dari narasumber.
Strategi
pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Kenapa
demikian , hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang diterbitkan.
Jenis – jenis buku yang diterbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori
buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku dengan cukup
banyak katagori produk, yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak,
buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku
Teks , dll ).
Dari jenis –
jenis katagori buku tersebut di sinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan
segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran
buku berkaitan dengan koordinasi dengan beberapa kegiatan bisnis. Sehingga strategi pemasaran pada umumnya dipengaruhi
oleh 2 faktor yang meliputi :
1. Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.
2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.
Strategi
Pemasaran buku dapat dipetakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu strategi
pemasaran buku serangan udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat,
dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua
strategi tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut :
A. Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara. (Online)
a. Pemasaran
buku lewat Online
Digital marketing merupakan teknik pemasaran terkini,
yaitu sebuah teknik memasarkan produk
atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet.
Jenis-jenis digital marketing yang kita terapkan di
Penerbit ANDI Offset terapkan antara
lain :
1. Content marketing adalah salah satu jenis digital
marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target
pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon
pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog,
podcast, infografik, dan lainnya.
2. Search Engine Optimization (SEO). SEO
bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website
Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita
tawarkan.
3. Search Engine Marketing
(SEM)merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine
Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan
visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan
istilah SERP.
4. Social media marketing
memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu
brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media
sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya.
5. Email Marketing,
strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa
menjangkau lebih banyak pelanggan.
6. Instant messaging marketing bisa
menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk
secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa
memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform
messenger lainnya.
7. Influencer Marketing.
Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya.
Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau
ditawarkan oleh seorang influencer.
8. Video marketing untuk melengkapi strategi pemasaran
digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami
gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.
9. TV. ANDI
AKADEMI . Penerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube Nama Chanel Youtube
TV. ANDI , Pemasaran melalui channel Youtube
juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang
lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara
online melalui layanan streaming.
10. Berkerjasama
dengan marketplace seperti bukalapak, shopee, dll serta mitra / reseller.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive
untuk terus promosi , supaya kita dapat :
· Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
· Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen
terjaga.
· Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
· Menaikkan
penjualan dan profit
· Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
· Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
· Mengubah
tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen
b. Pemasaran
Buku Lewat Komunitas
Kita
tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk
membentuk komunitas (membuat Grup w.a dll) dan relasi , maka gunakanlah
jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku . Penjualan
lewat komunitas akan lebih efektive dan
efisien sehingga tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Kuncinya kita harus
proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga
integritas pribadi kita.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (Offline
).
Untuk
menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus
melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi
pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari
Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang
tersebut.
Strategi
pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar
yang kita tuju , antara lain :
1. Toko Buku
Penerbit
Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri ,
sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan
sebagai pemasok rutin di toko buku maka
kita perlu pemetaan jenis toko buku. Toko buku ini kita petakan menjadi
tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku
Tradisional.
· Strategi
Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu kita lakukan ,
antara lain :
· Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
· Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
· Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
· Mengadakan event
tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll )
· Dan masih
banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan ,
kuncinya kita proaktive komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.
2.
Strategi Pemasaran melalui Direct Selling
Pemasaran
Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku
yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini
kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :
o
Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku
pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
o
Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
o
Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK ,
Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan
jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku
melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales
tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing
yang bertugas :
· Kunjungan
langsung ke tiap sekolah
· Kunjungan
langsung ke setiap kampus
· Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
· Dengan
kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun
hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll.
Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.
Tenaga penjual / Sales tersebut akan
berjuang untuk bisa menguasai areanya dan pelakukan penetrasi pasar untuk bisa
transaksi sesuai target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan.
3.
Strategi pemasaran buku dengan Melakukan Event – Event
Aktive dalam melakukan event –
event seperti event Pameran buku, dalam
seminar, webinar , workshop, tryout, dan sebagainya.
Demikian resume kelas pertemuan
ke-21. Semoga bisa memberikan manfaat bagi pembaca sekalian. Terima kasih.
No comments:
Post a Comment